BudiMuliaForum

Komunitas Sekolah Budi Mulia
 
IndeksFAQPencarianPendaftaranAnggotaGroupLogin

Share | 
 

 Diet & Berat Badan

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
Mond
Novice Member
Novice Member


Jumlah posting : 110
Age : 26
Location : Inside the blood of your very veins...
Points : 0
Registration date : 21.09.07

PostSubyek: Diet & Berat Badan   Fri Dec 28, 2007 1:20 pm

(PS: Meski gw sendiri gendut, tips2 di bawah ini bener kok. Gw gendut n tetap gendut krn gw gak melanjutkan diet gw dikarenakan males :P)

Karena masalah diet rame dibicarain di thread Clinic Kecantikan, g bikin thread baru.

sebagai catatan, diet alias mengurangi makan bukan hal bagus buat nurunin berat badan n jaga bentuk tubuh. Cara yg bener adalah penurunan berat badan dlm jangka panjang

Mitos2 penurunan berat badan:

1. Makanan Non-Fat atau Low-Fat
Faktanya kita ttp butuh lemak buat energi. 1/3 kalori yg kita dapet harusnya didapat dr lemak. Cewe butuh 70g lemak & cowo butuh 95g lemak scr normal. Minimalnya cewe butuh 30g dan cowo 40g. Makan makanan low-fat & non-fat ga begitu membantu diet. Yg penting jangan konsumsi lemak jenuh (saturated fat) tapi konsumsi makanan yg mengandung lemak tak-jenuh (unsaturated fat) yg ada di alpukat. Dan, jgn ngitung lemak yg ada tapi itung kalorinya. Makanan tak berlemak tidak berarti kalorinya rendah!

2. Diet cepat & Puasa nurunin berat badan
Faktanya diet cepat & puasa cuma nurunin berat badan di awal2 ajah. Bahayanya malah, pas kita berhenti diet cepat/puasa, berat bakal naik. Kenapa? Sebab diet normal menurunkan lemak, tapi diet cepat & puasa nurunin lemak DAN lapisan otot. Ini menyebabkan tubuh kita membutuhkan kalori lebih sedikit drpd sebelumnya, jadi setelah selesai diet/puasa, kalori yg diserap makin dikit n malah jadi lemak lagi... Lebih baik penurunan berat badan jangka panjang.

3. Makanan yg dimakan di malam hari bikin gemuk
Faktanya penelitian membuktikan makan di malam hari tidak menimbun lemak lbh banyak, yg penting bukan kapan kita makan tapi berapa jumlah konsumsi kalori dlm 24 jam. Tapi, kalau lo sama sekali ngga makan di siang hari dan makan banyak di malam hari, u bakal gemuk.

4. Makanan berlemak bikin berat badan naik banyak
Faktanya, boleh percaya boleh enggak, penaikan berat badan itu prosesnya lama sekali. Kalo u nimbang badan abis makan dan berat u naik dr sebelum makan, ini dikarenakan cairan. Cairan ini bakal ilang sendiri selama lo ga kebanyakan makan n berat u bakal normal lagi beberapa jam stlh makan. Mo tau berapa banyak kalori yg bikin berat naik? Lo butuh kelebihan 3500 kalori buat naikin berat badan 1 pon (dan kehilangan 3500 kalori buat nurunin berat badan 1 pon). Jadi coklat 30g yg u makan sekali ga bakal bikin u tambah gemuk (asal jgn makan tiap hari aja hehehe). G sendiri udah buktiin kok, makan abis2an 1 kali tapi besoknya berat badan gw ga nambah.

5. Makanan tertentu membakar lemak
Faktanya nggak ada makanan yg membakar lemak. Adanya makanan (biasanya yg mengandung kafein) yg menaikkan metabolisme dan menggunakan kalori tapi gak nurunin berat badan. Tapi, dalam kondisi tertentu, makanan tertentu bisa ngebantu nurunin berat badan. Coba deh u olahraga rutin, tapi sebelumnya minum segelas kopi!

Tips

1. Tau nggak kamu kalo:
Jalan satu mil dan lari satu mil menghabiskan kalori yg sama. Hanya aja, jalan makan waktu lebih lama :P
Jalan satu mil ngebakar lemak lebih banyak dr lari satu mil :P
Jadi, buat ngebakar lemak lebih banyak, lebih baik dengan intensitas rendah drpd olahraga yg berat2 sekaligus. Olahraga yg bagus buat nurunin lemak adalah olahraga yg sinambung dan agak santai contohnya: renang, treadmill, jalan/lari santai, dll. Kalo mau ngebentuk otot lain lagi olahraganya... Dan coba kalo olahraga jangan tanggung2, renang misalnya...2 jam jangan 2 menit :P. Ga usah buru2 atau cepet2 renangnya, santai2 aja, yang penting badan lo bergerak selama beberapa lama.

2. Kafein ngebatu metabolisme tubuh (dan juga substansi lain). Coba minum kopi selama lo olahraga (tapi jgn berlebihan, ga baik!) pasti diet lo lebih sukses.

3. Olahraganya teratur mba2 dan mas2. En yg gw maksud teratur ini harus dijalankan terus menerus...seumur hidup kalo bisa! Wkwkwk. Awal2 boleh agak berat supaya lemak turun, kalo berat badan dah ideal, olahraga normal aja teratur buat ngejaga berat badan.

4. As usual, jangan terlalu banyak makanan yg banyak karbohidrat n lemak. Kurangin porsi nasi putih n ganti dgn buah ato sayur.

5. Itung kalori! Ini penting! Kalo lo beli makanan kemasan yg dr pabrik kyk susu itu pasti ada Nutrition Factsnya. Nah ini perlu dicatet jumlah kalorinya berapa.

6. Sebagai acuan, buat diet cewe butuh maksimal 1500 kalori sehari dan cowo 1700 kalori (tergantung aktivitas, klo u atlet or aktivitas u berat2 kalorinya lebih banyak).

7. Jangan nyiksa diri dgn makan sedikit (atau makan WRP) sebab klo lambung u ga dapet sesuatu buat diremes, u bakal sakit lambung! Penuhin perut gpp, yg penting u menuhinnya dengan makanan berserat jangan yg berlemak :P

8. Diet yg bagus itu turunnya sedikit2. Klo u cuma turun beberapa pon dalam seminggu, itu normal. Jangan percaya iklan yg bilang bisa nurunin 10-30 kilo dlm sebulan klo ga ada penjelasan. DIet itu ga bekerja gitu aja...

9. Minum suplemen diet yg udah terkenal boleh tuh, coba tanya apoteker ttg suplemen yg u minum n gimana cara kerjanya. Hati2, banyak suplemen diet merusak otot dan tulang jadi coba minum suplemen yg herbal (personally g dulu minum trim spa yg isinys 100% herbal, baunya aja kyk jamu)

10. Olahraga, olahraga, dan olahraga. Tanpa olahraga jangan harap badan sehat XD

BTW, di sini ga ada yg anorexholic kyk Paris Hilton kan? Menganggap badan kurus kering kayak tulang itu indah? DI US banyak bgt cewe2 kyk gitu XD
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://stitched-silence.wordpress.com
-PinKy-
Pro Member
Pro Member


Jumlah posting : 373
Age : 27
Location : jakarte..
Points : 0
Registration date : 19.09.07

PostSubyek: Re: Diet & Berat Badan   Fri Dec 28, 2007 10:49 pm

g mengangga badan kurus kaya paris hilton (wo te cie2) bgs kok...........

tp g ga mpe kna anorexia.....

g msh cnta nasi (walupun g tw it salah 1 mknan yg menyebabkan g GENDUT..!!!!!!!!)
n
g msh suka mkn wlaupun kdg suka nyesel...tp ga mpe g muntain (bulimia)............

lalu jgn ASAL minum obat diet ato suplemen2 gt.............
tuk umur qt skrg ne blom butuh2 bgt kok...
lagian ituu tuh ga bae buat ginjal klo qt mengkonsumsi obt2an spt it dlm jgka pnjg n tanpa ptunjk dokter....

nyok g dah brp taon konsumsi obt diet gt...
ttp ajah gak ad efek nya....
pdhl g dah ingetin bwt brenti krn tkt ginjalnya rusak...

jd makanya SAYANGILAH GINJAL ANDA...!!!
u org pd ga mw kn bru umur 30 an tp dah cuci darah.........(g liat ada cewe yg msh muda gt dah cuci daah pas g dl nemenin nganter apo g cuci darah..)

n g ada temen yg sukses turunin 14 kg tanpa obat diet..
n dlm jagka pnjg dgn bantuan instruksi dr dokter ahli gizi gt.........

jd klo niat gak perlu pk obat2an gt....

g rasa OR ajah jg dah ckp..
hanya g nya ajah yg males n ga suka OR makanya ga kurus2...
huhuhu..
sejak lu2s SMA g dah gak pernah OR lg......
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
nando
Novice Member
Novice Member


Jumlah posting : 82
Age : 27
Location : malaysia gtuuu.... hahax...
Points : 0
Registration date : 20.09.07

PostSubyek: Re: Diet & Berat Badan   Sat Dec 29, 2007 4:12 am

hm....
skalipun g bkn ahli diet ap gmn...
ne ad 1 cara yg pasti b'hasil dh kao mo diet tp sehat...
kao gk tkut repot mah...
coba vegetarian dechh 3~4 bulan gt...
gk plu diet ma skali...
ttep bole makan...
tp pasti bakal kurusan...
walaupun mungkin agak lama dech....
butuh brp bulan gt...
n agak sengsara, soalny ndiri gk bole makan daging, tp lyt org laen makan gt... bkal ngiler2 dkit gt... tp lama2 t'biasa jg koq.. kn ad kae daging palsu gt... hehe...
tp y pas g vgetarian c, agk repot gt.. soalny kn gk tiep tmpt ad jual makanan vgetarian... tp y ad kurusan dkit lhooo.... malahan vgetarian lbi sehat lg kao bandingin ma yg makan daging... yg pasti gk bakal ad masalah kae kolesterol tinggi gt... hehehex..
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Mond
Novice Member
Novice Member


Jumlah posting : 110
Age : 26
Location : Inside the blood of your very veins...
Points : 0
Registration date : 21.09.07

PostSubyek: Re: Diet & Berat Badan   Sun Dec 30, 2007 6:49 pm

@Cindy: Wah, klo mnrt gw Paris Hilton (dan banyak wanita2 lain di luar negri) sih bodynya terlalu kurus, jadinya ngak indah/seksi klo dipakein baju yg terbuka. Tapi dia cantik sih wajahnya (meski sgt narsis wkwkwk). Cewe2 yg bodynya bagus n seksi mnrt gw is Eva Mendez, Beyonce (ada yg beranggapan paha dia kebesaran, tapi wajar soalnya dia negro), Jessica Biel...tapi mrk semua tinggi2 sih jadi bodynya terlihat sempurna :D

Er perlu diketahui kalau ada sebagian org yg kalo ngak mengonsumsi daging sama sekali bisa jatuh sakit. Jadi klo mo vegetarian sepenuhnya silahkan konsultasi dulu ke dokter ahli gizi.

Dan mengenai suplemen obat diet, pastikan u tahu komposisi obat itu SEMUANYA herbal (tumbuh2an) dan gak ada bahan kimia. Minum jamu aja...tapi klo setau gw banyak juga suplemen diet yg berbentuk pil yg isinya 100% herbal cthnya trim spa yg udah gw sebutin.

Bukannya promosi nih, tapi klo trim spa dia pake sistem pemasan di dalam tubuh buat bakar lemak pas kita olahraga, jadi gak berbahaya. Nah klo mau minum obat diet cari tau dulu obat itu bekerjanya gimana, tanya ahli gizi kalo perlu.

Gw sering nemuin agen2 yg ngasih brosur minuman diet dengan janji muluk di mall, itu jgn dipercaya...

Buat cewek, terlalu kurus atau terlalu gemuk itu kurang bagus krn bisa bermasalah klo nanti sudah menikah dan mau punya anak... Dan tentunya terlalu kurus/gemuk gak stylish, gak bagus kalo pake baju2 tertentu...wkwkwk model kaleee...
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://stitched-silence.wordpress.com
Will Ryan
Novice Member
Novice Member


Jumlah posting : 67
Age : 27
Location : Amsterdam, City of Vatemankhan
Points : 0
Registration date : 27.09.07

PostSubyek: Re: Diet & Berat Badan   Tue Jan 01, 2008 10:59 pm

mau cepet kurus????????

ikutin cara gua......

maen bola di hari minggu 3x (pagi siang & sore)

hehehe

trus dari senen - sabtu minimal 3x main bola
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
pman
Semi Pro Member
Semi Pro Member


Jumlah posting : 194
Age : 27
Location : Milky way-Earth-Asia-Indonesia-Jakarta-Jakarta pusat-Kemayoran-Angkasa...
Points : 0
Registration date : 23.11.07

PostSubyek: Re: Diet & Berat Badan   Thu Jan 03, 2008 3:15 pm

wah2, kepanjangan, jadi males baca ntar mata gw tambah lg minnya hahaha...

yg gw tau it, diet it makan yg banyak, tapi sayuran smua, keq kata nando, jadi aj manusia vege, itu sehat koq, trus kalo mam mah siang aj yg kenyang, kalo diner mam buah ajah yg berserat...
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://profiles.friendster.com/paulusphoto
Sponsored content




PostSubyek: Re: Diet & Berat Badan   Today at 7:22 am

Kembali Ke Atas Go down
 
Diet & Berat Badan
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
BudiMuliaForum :: Komunitas :: Love, Life's, and Friendship-
Navigasi: